Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

Written By Pragev Pralistya on Minggu, 28 Desember 2014 | 17.35

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros - Malam ini saya akan membagikan Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros. Pake smartphone punya konsekuensi yang saat ini belum bisa kita hindari, yaitu boros baterai. Terutama Android & iPhone. Pemakaian normal tanpa internet bisa sampe 2 hari, tapi klo terhubung dg internet setiap saat + HSDPA, bisa boros banget. Dan yang bikin tambah boros lagi adalah perlakuan kita sama HP. Udah bener belum perlakuan kita? Udah ngaku saja, hayo.
Sekarang udah banyak yang jual power-bank biar kita bisa ngechage HP di mana aja, tapi tetep aja jadi ggak nyaman makenya.
Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

Cara pertama Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Matikan perangkat yang tidak perlu. Misal Bluetooth, wifi, personal hotspot, dll. Klo udah nggak dipake jangan dibiarin hidup terus, itu akan menguras daya baterai HP kamu pelan tapi pasti.
Tips kedua Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Matikan aplikasi yang gak perlu. Ini yang sering nggak disadari sama pengguna Android. Maunya install banyak aplikasi gratis karena space masih lega dan nggak taunya aplikasi itu jalan terus sepanjang waktu. Cara matiinnya gimana? Untuk Android 4.0 ke atas udah ada fitur multi tasking atau bisa install aplikasi Task Manager.
Cara ketiga Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros adalah : Uninstall aplikasi yang gak perlu. Install aja aplikasi yang kamu butuh.
Cara keempat Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : 4. Atur Brightness Layar. Konsumsi terbesar HP touchscreen itu buat ngidupin layar. Atur kecerahan layar secukupnya. Ubah jadi 30% aja udah cukup kok, klo di tempat yang gelap malah bisa diturunin lagi. Klo HP Androidmu udah ada fitur auto brightness bisa dicoba biar kamu nggak perlu repot ngubah tiap pindah tempat.
Cara kelima Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Atur Screen Timeout. Yaitu berapa waktu layar tetep nyala saat gak ada aktivitas. Atur waktunya lewat Settings – Display – Screen timeout. Makin kecil makin irit baterai Androidmu.
Cara keenam Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Matikan Live Wallpaper. Fitur ini emang keliatan keren sih, tapi ini cukup menguras daya baterai.
Cara ketujuh Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Hapus widget yg tidak perlu. Widget home screen itu buat baterai boros, terutama yg pake koneksi internet.
Cara kedelapan Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Atur Auto Sync Akun. Android selalu terintegrasi dg produk Google seperti Calendar, Contact, Gmail, dll. Pilih apa yg mau di auto sync, klo semua penting gak masalah, tapi klo yg dipake cuma Contacts yg laennya set off aja.
Cara terakhir Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros : Perawatan Baterai. Hal yg penting tapi sering terlupakan, bahwa baterai jg perlu perhatian.
Rawatlah baterai HP, waktu ngecharge jangan dibiarin nyolok sampe seharian, klo udah ada notifikasi penuh cepet dicabut. Dan lakukan kalibrasi baterai dg rutin, berfungsi mengganti semua sel baterai dg cara menghabiskan seluruh daya baterai. Mengenai kalibrasi baterai, ada banyak aplikasi buat mengkalibrasi baterai. Silakan cari di Google Play Store.

Akhir kata, selamat mencoba Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros dan rasakan bedanya.
Blog, Updated at: 17.35

2 komentar:

  1. Untung battery Saya tahan 2 hari, hehe

    BalasHapus
  2. Ohh, jadi begitu ya ? Wah saya baru tahu nih.
    Makasih tipsnya gan (y)

    BalasHapus